Saturday, May 4, 2013

Tips Backpacker ke BELITUNG



Belitung, pulau eksotis dan menawan ini sudah terkenal bahkan hingga mancanegara. Pulau ini dihiasi pasir putih yang halus dan lembut, bersih seperti gula pasir. Selain karena perpaduan warna langit, laut, dan pasir pantai, pulau ini juga dihiasi oleh batu-batu raksasa. Kita akan merasa sangat kecil apabila bersandingan dengan batu-batu disana. Pulau Belitung juga memiliki hewan laut yang cantik dan bisa dengan mudah ditemui di bibir pantai.
Selain itu, Pulau Belitung juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang indah, seperti Pulau Burung, pulau Babi, Pulau Kera, dan Pulau Lengkuas. Nama pulaunya nggak asing yaa di telinga kita.. :) Belitung juga menjadi destinasi yang recomended buat kamu yang pengen memanjakan lidah. Di sana banyak penjaja sea food yang nyeum nyeum dan ajiiiiiiib banget. Nah, yang ragu atau takut buat wisata ke Belitung, nih Miss kasih tipsnya
1. Tentuin jadwal nge-trip
Karena wisata di Belitung sebagian besar adalah wisata bahari, jadi waktu terbaik untuk nge-trip kesana saat musim kemarau, yaitu bulan April sampai Agustus. Kalau kesana di musim kemarau, kamu bisa puas menikmati indahnya belitung dari pagi sampai malam tanpa gangguan hujan. Di bulan-bulan itu, laut juga tenang dan langit pun biru.
Selain itu, bulan Maret juga menjadi waktu kunjungan yang baik, soalnya ombak nggak begitu tinggi. Kalo kamu kesana di musim ujan, yang jelas ombak akan tinggi karena hujan deras. Nge-trip ke Belitung di musim ujan beresiko lebih besar, apalagi di musim ujan banyak kapal yang memilih untuk tidak beroperasi.
2. Pilih Penerbangan yang tepat
Yang paling mudah, Belitung bisa ditempuh dengan jalur udara. Meski bisa juga menggunakan jalur laut dengan jetfoil dari Pulau Bangka. Untuk ke Belitung, tujuan penerbangannya adalah Tanjung Pandan, bukan Pangkal Pinang ataupun Tanjung Pinang. Soalnya banyak wisatawan yang salah membeli tiket ketika ingin ke Belitung. Pangkal Pinang itu di Pulau Bangka, dan Tanjung Pinang itu di Pulau Bintan. So, kamu kudu cermat dan memperhatikan detail ketika membeli tiket.
3. Update harga tiket pesawat dari jauh hari
Ada 3 maskapai yang melayani rute ke Tanjung Pandan, yaitu Sriwijaya, Sky Aviation, dan Citilink. Karena kursi penerbangan sangat terbatas, harga tiket pesawat sangat fluktuatif dan cenderung mahal di musim liburan dan akhir pekan. Yang berkunjung ke Belitung ini tidak hanya wisatawan yang independen, tapi ada juga rombongan tour. Jadi, kamu kudu pesan tiket dari jauh hari. Bukan cuma agar dapet tiket murah, tapi juga menghindari kamu kehabisan kursi.
4. Cari info tempat yang bakal dikunjungi selama di Belitung
Kenali tujuan wisata selama berkunjung ke Belitung nantinya. Soalnya banyak objek wisata yang amazing disana. Nggak papa kalau kamu kesana dalam waktu yang agak lama, tapi jika kamu kesana dalam waktu yang singkat, kamu kudu selektif milih tempat mana yang ingin kamu kunjungi. Kamu bisa browsing dulu sebelum menentukan objek tujuan wisatamu. Soalnya, kamu perlu pesen penginapan, hotel, nyewa perahu dari jauh hari. Dengan kamu tahu mana aja tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi, nantinya kamu bisa buat itenary yang tepat, hemat dan efisien. hehee
5. Transportasi yang tepat dan sesuai
Di Belitung, jasa transportasi darat hanya ada persewaan mobil, motor dan angkutan umum. Di Belitung belum ada jasa taxi arga. Kalau mau nyewa mobil, bisa dilakukan ketika baru sampai di Bandara. Di Bandara banyak yang menawarkan jasa sewa mobil dan sopir, ataupun tanpa sopir. Kalau kamu belum pernah ke Belitung, lebih baik menyewa mobil beserta sopirnya.
6. Memilih penginapan
Penginapan di Belitung sangat beragam, banyak kelas ditawarkan disana sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan di masing-masing penginapan. Di Belitung ada penginapan kelas eksklusif sampai penginapan kelas wisama. Selain itu ada cottage buat kamu yang ingin ngerasain kepuasan maksimal menikmati Belitung. Di Pantai Tanjung Kelayang, banyak penginapan seperti bungalow. Untuk kelas bujet atau backpacker, bisa cari hotel-hotel melati di Tanjung Pandan. Kamu bisa memilih penginapan yang sesuai sama kebutuhanmu.
7. Siapin perbekalan yang cukup
Jangan lupa buat nyiapin bekal sebelum ngetrip. Bawa air mineral yang banyak, makanan kecil, buah, obat-obatan pribadi, sun block, lotion anti nyamuk, serta multi vitamin buat njaga stamina kamu selama trip disana. Soalnya, di beberapa objek wisata kamu bakal susah nemuin warung yang njual berbagai makanan dan minuman, apalagi ketika kamu lagi ngelakuin island hopping di perairan.
8. Pilih jasa tour & travel yang tepat
Tapi kalau kamu masih pertama kali ke Belitung dan nggak mau repot, lebih baik pakai jasa Tour & Travel. Penyedia jasa itu bisa ngedampingi kamu selama nge-trip di Belitung, semua proses penyewaan penginapan, transportasi, atapun tiket penerbangan bisa dibantu oleh mereka. Banyak jasa tour & travel yang cukup profesional dalam melayani wisatawan, makanya kamu kudu selektif dalam memilih jasa tour & travel yang tepat.
9. Cari paket wisata yang murah
Paket wisata yang ditawarin sama jasa tour & travel di Belitung menawarkan banyak variasai dalam harga dan fasilitasnya. Ada yang mahal, ada juga yang murah lah yaaa. Tapi, selisih harganya tidak begitu banyak. So, pilih jasa tour & travel yang nawarin harga murah dan tetap memberi pelayanan yang baik. :)


Sameera ChathurangaPosted By Wisata M@niac

Terima kasih telah membaca artikel saya contact me

Thank You


0 Jumlah komentar:

Post a Comment