Sunday, April 28, 2013

Trekking di Kawah Ratu




Kawasan Kawah Ratu di Gunung Salak Jawa Barat sungguh layak dijadikan destinasi bagi para penggemar kegiatan Trekking di alam bebas. Kawah Ratu bisa dicapai melalui jalur Gunung Bunder, Gunung Salak Endah Bogor atau melalui Cidahu di Kabupaten Sukabumi.


www.belantaraindonesia.org

Anda juga dapat melakukan trekking dengan jalur lintas kedua pintu titik tersebut, yaitu masuk melalui jalur Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah Bogor dan keluar turun Cidahu Sukabumi atau sebaliknya.

Untuk menuju Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah, dari Kota Bogor Anda dapat mengambil jalan ke arah Leuwiliang. Kemudian belok kiri mengikuti petunjuk jalan menuju Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah. Sedangkan untuk mencapai Pintu Cidahu, Anda dapat mengambil jalur Sukabumi dan masuk ke jalan menuju Javana Spa. Sebaiknya, kegiatan trekking ini di mulai saat pagi hari. Di mana cuaca relatif bagus.

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan aktivitas di kawasan ini, disarankan Anda meminta bantuan kepada relawan atau petugas penjaga pintu masuk untuk menjadi pemandu dalam melakukan saat trekking menuju Kawah Ratu. Nah, kalau trekking di mulai dari pintu masuk di Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah, maka Anda perlu melapor kepada petugas jaga di pos pintu masuk.

Hal yang sama jika dilakukan dari pintu masuk Cidahu. Trekking menuju Kawah Ratu adalah perjalanan yang sangat mengasyikkan. Jika masuk melalui Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah, panorama jalur berupa hutan tropis dan aliran air yang jernih tersaji di sepanjang trek.

www.belantaraindonesia.org

Anda akan merasakan kesegaran jiwa dan raga di sini. Anda akan semakin terpesona dengan fenomena alam yang masih aktif ini, ketika sampai di Kawah Ratu. Di Kawah Ratu, terdapat Sungai Cikuluwung yang airnya berwarna putih karena melintas di kawasan kawah aktif.

Bagi trekker yang kemalaman saat melakukan perjalanan, bisa menyewa peralatan kemping dan mendirikan kemah di Camping Ground pintu masuk Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah dan juga di pintu masuk Cidahu. Sungguh, melakukan trekking di kawasan Kawah Ratu adalah suatu pengalaman yang tak akan terlupakan.




Sameera ChathurangaPosted By Wisata M@niac

Terima kasih telah membaca artikel saya contact me

Thank You


0 Jumlah komentar:

Post a Comment