Monday, August 26, 2013

Wisata Kuliner Bandung



Wisata Kuliner Bandung - Makanan Serba Unik

Kalau masalah makanan unik, Bandung termasuk jagonya. Macam-macam kreasi diciptakan. Anda wajib mencoba wisata kuliner Bandung. Mula-mula cobalah wisata kuliner Bandung berupa serabi imut di daerah Setiabudhi. Gaungnya termasuk terkenal dan di zamannya serabi ini masuk bahasan koran sebagai salah satu wisata kuliner Bandung.

Serabi imut adalah nama tempat. Tempat ini menjual serabi, namun uniknya, serabi itu dikreasikan sedemikian rupa menjadi unik. Adonan serabi yang sudah hampir matang diisi macam-macam toping. Ada isi daging dan telur, sosis dan telur, sosis, pisang, nangka dan masih banyak lagi. Kreasi surabi imut ditiru beberapa penjual surabi lain. Alhasil, orang salah mengira bahwa semua adalah surabi imut. Tempat surabi imut sendiri jadi tertutupi.

Selain surabi, ada juga batagor. batagor yang terkenal dan dicari para pelancong yang mengejar wisata kuliner Bandung adalah Batagor Riri di Jalan burangrang. Batagor ini rasanya padat dan kenyal. Rasa ikannya pun kental sekali sampai lidah terasa bergoyang. Batagor ini dipadu dengan bumbu kacangnya yang khas, rasanya mantap.

Tapi, yang enak bukan hanya Batagor Riri. Ada banyak batagor enak di Bandung, salah satunya batagor di Jalan Riung. Anda bisa mencoba mengunjunginya sebagai salah satu tujuan wisata kuliner Bandung. Tempat berjualan batagor ini memang di emperan jalan ke dalam gang masuk kompleks Riung Bandung, namun rasanya khas. Batagor ini tidak setenar Batagor Riri yang mengundang kedatangan para pelancong dari jakarta, tetapi batagor ini cukup terkenal di daerah Riung Bandung.

Ada batagor, juga ada mie kocok. Masakan khas wisata kuliner Bandung ini terdiri atas mie kuning yang dicampur kuah daging dengan ditaburi kikil sapi. Rasanya, enak. Kalau Anda sengaja datang untuk wisata kuliner Bandung, maka mie kocok ini harus dicoba. Silakan menikmati mie kocok SKM di daerah kawasan Asia Afrika.

Bisa juga Anda mencoba mie kocok Tegallega, dijual di depan terminal Tegallega, tepat di dalam gang Rasdan. Rasanya pun tidak kalah enak dengan mie kocok SKM.

Tidak lengkap rasa wisata kuliner Bandung Anda kalau belum mencoba lotek Bandung. Salah satunya yang terkenal adalah lotek Kalipah Apo di Jalan ke arah Pasar Baru. Ada juga kupat tahu yang diadaptasi dari ketoprak Cirebon, isinya kupat campur tahu yang dipadu bumbu kacang yang khas. Anda bisa mencobanya di pagi hari. Para penjualnya tersebar di sekitar lapangan Tegallega dan lapangan Gazibu Bandung. Kalau ini Anda coba, maka wisata kuliner Bandung semakin lengkap.

Wisata Kuliner Bandung - Minuman-minuman Unik

Ada makanan unik khas wisata kuliner Bandung, ada juga minumannya dong. Yuk, coba satu-satu kalau Anda merasa ingin wisata kuliner Bandung. Kalau bicara minuman khas yang unik, tidak bisa lepas dari yang satu ini, Yoghurt Cisangkuy. Sebagai salah satu wisata kuliner Bandung, minuman ini cukup terkenal. Terletak di daerah Cisangkuy di Jalan Riau, Yogurt aneka rasa ini selalu penuh pembeli. Kalau yang suka minuman dari olahan susu ini, silakan nikmati. Namun bagi yang kurang menyukainya, minuman ini sedikit menyiksa.

Selain Yoghurt Cisangkuy, ada Susu Murni Lembang Kencana. Berdekatan dengan perternakan sapi, tempat makan yang satu ini mengedepankan susu murni. Anda bisa menikmatinya. Susu murninya pun bisa dianekarasakan. Silakan datang dan pilih sendiri. Tempatnya di sekitar Lembang.

Bagi pecinta kopi, di Bandung juga ada warung-warung kopi khas yang menyediakan aneka kopi. Silakan mengunjungi warung kopi Selasar dan warung Kopi Ireng di sekitar kawasan Dago.

Ada kopi, ada yoghurt, ada susu, eh ada juga bajigur. Minuman khas Sunda ini pun memiliki tempat mangkal di Bandung, namanya Bajigur Asli, letaknya di kawasan Jalan Riau.

Ssst, sekarang juga ada Rumah Strawberry di sekitar Sersan Bajuri Lembang. Menyediakan semua makanan yang dipadupadankan dengan strawberry. Yang terkenal dari tempat ini justru jus strawberrynya yang terasa asam-asam manis, jus asli strawberry dicampur gula. Enak, asam, dan harum strawberry.


Masih belum puas cari aneka minuman, Anda bisa menemukan minuman dari coklat di CafĂ© Du Chocolat. Ada juga es durian, juga soup buah yang tersebar di sekitar Gedung Sate. Semua serba unik. Tinggal mau tidaknya pergi berkeliling Bandung untuk wisata kuliner Bandung.

Wisata Kuliner Bandung - Nikmati Cemilan dan Oleh-oleh

Makanan unik ada, minuman unik pun tersedia. Semua lengkap di jalan-jalan ketika Anda pergi melakukan wisata kuliner Bandung. Tapi, tunggu dulu, rasanya belum puas dan lengkap kalau Anda tidak membeli penganan ringan, alias snack.

Di Bandung, penganan ringan pun tersedia. Anda bisa mencoba makanan risol, di risol-risol House Of Risoles. Tersedia penganan risol, ada juga cemilan lain yang tidak kalah enak. Letak House Of Resoles ini di kawasan Setiabudhi. Ada juga Tempe Goreng Sari Raos, masih di kisaran lokasi yang sama.

Nah, yang lagi tenar sekarang adalah tahu lembang. Mirip seperti tahu sumedang, bedanya, Anda bisa membawa tahu mentah untuk digoreng sendiri. Bisa jadi cemilan dan oleh-oleh bawaan. Rasa tahunya padat.

Buat para penikmat wisata kuliner Bandung, Anda bisa mencoba cemilan cakwe. Cemilan ini bukan asli Bandung memang, namun di Bandung pun cemilan ini menjamur. Penganan ringan terbuat dari tepung terigu dan kanji ini sebenarnya makanan khas orang Cina yang kemudian menjamur dan disukai para pribumi.

Selain cemilan, Anda pun bisa menikmati oleh-oleh yang bisa dibawa untuk kerabat. Di Bandung, saat ini terkenal sekali keripik Mak Icih. Keripik pedas dengan level tingkat kepedasan ini tengah booming. Beritanya masuk ke koran nasional sebagai salah satu pembahasan wisata kuliner Bandung. Bahkan media televisi pun sudah meliputnya secara khusus.

Masalah oleh-oleh, pasti para pemburu wisata kuliner Bandung bakalan familiar dengan brownies Amanda. Kue berwarna hitam ini populer dipilih sebagai penganan oleh-oleh yang siap diborong para pelancong. Ada juga Kartika Sari yang terkenal dengan bolennya. Outlet Kartika Sari selalu penuh pengunjung yang mengincar oleh-oleh wisata kuliner Bandung.

Masih tidak puas dan ingin membawa lebih banyak makanan buat kerabat, silakan kunjungi pasar Kosambi. Di wilayah itu berdiri dan berderet para penjual gorengan khas Bandung. Ada tempe goreng, pisang molen, pisang tipis goreng, dodol, sale, dan yang paling terkenal adalah peuyeum. Setelah lelah mengunjungi tempat wisata kuliner Bandung dan sudah memborong berbagai oleh-oleh, maka Anda dapat bersiap pulang dengan puas hati.






Sameera ChathurangaPosted By Wisata M@niac

Terima kasih telah membaca artikel saya contact me

Thank You


0 Jumlah komentar:

Post a Comment