Wednesday, September 11, 2013

SELAT SOLO, SALAD LOKAL KHAS JAWA...


 SELAT SOLO, SALAD LOKAL KHAS JAWA...

Indonesia memang memiliki beragam kuliner lezat dan menarik untuk dicicipi. Diantara kuliner di bumi nusantara ini juga memiliki kisah dan keunikan tersendiri. Salah satunya kuliner khas Solo yakni Selat Solo. Selain lezat dan segar, kuliner khas kota berbudaya ini memang memiliki keunikan dan nilai historis didalamnya.
Selat Solo pada dasarnya adalah sebuah salad lokal yang diracik sedemikian rupa menjadi sebuah kuliner yang lezat. Sajian ini berisikan daun selada, beragam sayuran seperti timun, buncis, wortel, tomat, bawang merah, kemudian ditambah kentang goreng dan telur pindang. Boleh jadi makanan ini memang bukan kuliner asli dari tanah Jawa dan merupakan adaptasi dari makanan bumi Eropa. kata Selat juga berasal dari ubahan kata “salade” atau “sla” yang berasal dari bahasa Belanda.
Sajian ini memang ubahan dari makanan Salad yang seringkali disajikan pada masa kolonial untuk para bangsawan Belanda di tanah Jawa. Karena kebiasaan tersebut, para Raja Jawa pun ikut menikmati sajian ini, namun untuk memenuhi cita rasa lokal, sajian ini diubah sedimikian rupa hingga dapat diterima oleh lidah Indonesia.
Selat Solo termasuk makanan lezat dan memiliki gizi seimbang karena terdapat sayuran, sumber protein, serta karbohidrat. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Campurkan bahan yang telah direbus seperti irisan wortel dan buncis. Kemudian tambahkan irisan tomat segar, daun selada dan mentimun. Untuk sumber protein, masukan daging sapi yang diiris tipis serta potongan telur rebus. Untuk daging, sebelumnya telah dimasak dengan cara seperti disemur. Semua bahan tadi disiram dengan kuah coklat manis seperti semur. Untuk melengkapi sensasi kremes pada sajian ini, tambahkan keripik kentang. Untuk menambah cita rasa tambahkan juga mayones dan mustard.
Menikmati sajian ini memiliki keunikan tersendiri. Perpaduan asam dan manis dari bahan-bahan didalamnyamemberikan sensasi segar bagi siapapun yang menikmatinya. Rasa manis berasal dari kuah coklat yang menyerupai semur. Sedangkan rasa asam berasal dari campuran mustard dan mayones. Selain lezat dan segar, sajian ini juga terbilang sehat dan cocok bagi mereka yang sedang dalam program diet.
Meskipun berbahan dasar sayuran, jangan khawatir Anda tidak akan menikmati sensasi nikmat dari lezatnya daging, karena ada beberapa irisan daging yang disajikan beserta potongan telur ayam yang dipindang (rebus). Selain itu terdapat juga sensasi crispy dari keripik kentang yang menambah kelezatan dari kuliner unik yang satu ini.
Meskipun kuliner ini merupakan adaptasi dari kuliner bangsa lain, namun Selat Solo sudah sangat membumi di tanah Jawa, khususnya di Solo. Selain itu, kuliner ini juga sudah menjadi kebanggan dan ciri khas dari kota berseri dan berbudaya ini.







Sameera ChathurangaPosted By Wisata M@niac

Terima kasih telah membaca artikel saya contact me

Thank You


0 Jumlah komentar:

Post a Comment