Saturday, August 31, 2013

AMPO, TANAH LIAT PANGGANG KHAS TUBAN

AMPO, TANAH LIAT PANGGANG KHAS TUBAN


Memang ada orang-orang aneh di dunia yang suka makan pasir, dan benda aneh lainnya. Tapi tidak ada yang memakan tanah panggang. Tuban mungkin merupakan satu-satunya lokasi di dunia yang memakan tanah panggang!
Bagaimana ya rasanya memakan tanah liat yang dipanggang? Pasti Anda tidak pernah
bayangkan sebelumnya. Namun, bagi warga Tuban  Jawa timur memakan tanah liat panggang tak berbeda seperti kita memakan stik coklat. Makanan dari tanah liat yang diberi nama ‘ampo’ ini sudah menjadi makanan tradisional yang dipercaya masyarakat Tuban dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit.
Ampo cukup digemari masyarakat Tuban Ampo adalah makanan ringan yang terbuat dari tanah liat. Tanah liat yang sudah dibersihkan dari batu, pasir, dan kotoran lainnya kemudian dibentuk balok padat. Tanah liat tersebut diserut menggunakan bambu sehingga terbentuk stik-stik ampo mentah. Setelah itu stik ampo dipanggang dengan pangasapan. Masyarakat Tuban percaya makanan dari tanah liat yang disebut ‘ampo’ ini dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat beberapa macam penyakit.
Keinginan untuk memakan tanah atau batuan disebut geophagy. Salah satu teori menyebutkan bahwa keinginan untuk memakan tanah adalah tanggapan atas kekurangan zat besi dan kalsium.Namun ketika sudah ada diberi suplemen zat besi atau mineral, budaya makan tanah itu tetap ada. Hasil percobaan pada kelinci dan tikus yang dilakukan para peneliti, menemukan bahwa tanah liat akan bertindak seperti pelindung yang mencegah masuknya virus dan bakteri di usus. Tanah liat juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang sangat diperlukan di masa kehamilan dan anak-anak. Bahkan sebuah perusahaan farmasi pernah memproduksi obat antidiare yang terbuat dari tanah liat. Namun perusahaan itu berhenti memproduksi obat tersebut karena ada isu tanah liat terkontaminasi logam berat.
Selain kemungkinan terkontaminasi logam berat, infeksi Toxxocara canis biasanya didapatkan pada pemakan tanah yang terkontaminasi tinja anjing. Telur T. canis yang keluar dari tinja anjing tidak langsung bersifat infektif, tetapi telur ini akan berkembang menjadi telur infektif yang mengandung larva stadium kedua di tanah. Karena itu, infeksi ini tidak didapat secara kontak langsung dengan binatang tetapi hanya kontak dengan tanah terinfeksi, biasanya terjadi akibat geophagy.
Ampo merupakan makanan khas yang memperkaya ragam budaya Indonesia. Supaya kebuyaan ini tidak membahayakan kesehatan, maka kebersihan selama pengolahan ampo harus sangat diperhatikan. Penelitian lebih lanjut mungkin perlu dilakukan untuk meminimalisir bahaya yang dapat terjadi dan memaksimalkan budaya ini untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.






Sameera ChathurangaPosted By Wisata M@niac

Terima kasih telah membaca artikel saya contact me

Thank You


0 Jumlah komentar:

Post a Comment